Selasa, 28 Mei 2013

SMA Negeri 2 Lintongnihuta Berpartisipasi di Pesta Budaya TB Silalahi Center

HUMBAHAS - Pesta Budaya diselenggarakan oleh TB Silalahi Center pada hari Minggu, 21 April 2013. Acara tersebut menjadi kegiatan rutin TG Silalahi Center selama kurun waktu lima tahun terakhir. Hal ini bertujuan untuk melestarikan Budaya Batak Toba agar tidak hilang dari generasi muda Batak, khususnya suku Batak Toba. 

Bukan hanya memperkenalkan Budaya Batak Toba kepada para pengunjung TB Silalahi Center, khususnya pengunjung dari luar Sumatera Utara, tetapi juga menekankan betapa perlunya Budaya Batak Toba dilestarikan dan diajarkan kepada generasi muda. Hal ini salah satu menjadi dasar TB Silalahi Center mengadakan Festival. Pesta Budaya ini dihadiri langsung oleh Bapak TB Silalahi sekaligus merayakan ulang tahun beliau yang ke-75 tahun.

Adapun Budaya Batak Toba yang dipertandingkan dalam festival tahun 2013 ini adalah pertandingan tortor, meminta/ mangido gondang, koor, memainkan hasapi, mangandung, dan tumba. Festival ini diikuti oleh siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar(SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari berbagai kabupaten yaitu Kabupaten Tobasa, Samosir, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

Siswa SMA N 2 Lintongnihuta dipercayakan untuk mewakili Kab. Humbahas ikut berkompetisi dalam ajang festival di TB Silalahi Center. Kegiatan yang diikuti adalah koor, memainkan hasapi, dan mangandung. Dengan kerja keras dan latihan yang maksimal, siswa/i berhasil memperoleh juara 1 untuk kategori mangandung dan juara 3 kategori memainkan hasapi.

Kepala SMA N 2 Lintongnihuta, Drs. Nelson Tambunan, MM, turut bangga atas prestasi yang diperoleh siswa dan mengucapkan terima kasih kepada guru pembina yang telah berusaha keras dalam melatih peserta festival. Semoga ke depannya siswa dapat memberikan yang lebih baik lagi demi keharuman nama sekolah dan Kab. Humbahas. (hdl/admin)


0 komentar:

Posting Komentar