Minggu, 26 Mei 2013

Kabupaten Humbahas Raih Prestasi WTP 2 Tahun Berturut-turut

HUMBAHAS – Pemkab Humbahas kembali mendapat prestasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dalam hal pengelolaan APBD 2012 dengan kategori wajar tanpa pengecualian (WTP). Pada tahun 2011, Pemkab juga menerima prestasi serupa.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Humbahas Lamhot Hutasohit mengatakan, prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Pemkab Humbahas dan masyarakatnya.
Atas prestasi tersebut, Bupati Humbahas Maddin Sihombing langsung menerima penghargaan dari BPK RI perwakilan Sumut Muktini, Kamis (23/5) di Medan.
”Puji Tuhan, hari ini pukul 14.30 WIB, pak bupati menerima prestasi WTP yang kedua kali berturut-turut ini dari BPK RI perwakilan Sumatera Utara di Medan,” ujar Lamhot.
“Turut hadir pada penerimaan itu, sejumlah pejabat pimpinan instansi di Pemkab Humbahas, Ketua DPRD Bangun Silaban, serta sejumlah anggota DPRD Humbahas lainnya,” imbuh Lamhot.
Bupati Humbahas Maddin Sihombing saat dihubungi mengatakan, dirinya sangat bangga atas perolehan pretasi tersebut. “Pertama kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan karena prestasi ini,” ujar Maddin mengawali wawancara via telepon seluler.
Disinggung apa rencananya ke depan atas perolehan prestasi gemilang tersebut, Maddin Sihombing mengatakan bahwa program rencana kerja di Pemkab Humbahas kedepan akan terus ditingkatkan.
“Rencana kita ke depan, kita akan tingkatkan terus sistem pengelolaan keuangan daerah kita sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Terima kasih kepada ibu Kepala BPK RI Sumut dan stafnya, khususnya tim BPK yang baru-baru ini datang ke Humbahas untuk melakukan pemeriksaan yang konprehensif,” ungkapnya.
Dia menambahkan, setelah meraih prestasi terbaik tersebut, dirinya masih ingin agar tata kelola keuangan di Pemkab Humbahas semakin ditingkatkan. “Jadi, mudah-mudahan atas prestasi yang kita capai ini, kita dapat mempertahankannya. Kalau bisa tiga tahun berturut-turut,” papar Maddin.
Atas prestasi terbaik pemerintahan daerah itu, Maddin sendiri selain masih menginginkan prestasi itu dicapai tahun depan, juga masih menginginkan mendapat penghargaan dari Presiden Republik Indonesia.
“Sebenarnya, untuk pengelolaan keuangan daerah, prestasi WTP adalah yang tertinggi. Kita juga sudah meraih prestasi paling tinggi secara nasional atas status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah baru-baru ini. Jadi, satu lagi prestasi yang kalau bisa kita raih adalah mendapat penghargaan dari Bapak Presiden RI atas prestasi kita selama ini,” harapnya.
Maddin menegaskan, yang terpenting dari seluruh prestasi yang diraih tersebut adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Humbahas, sebagaimana visi dan misi yang ditetapkannya yakni, menuju Kabupaten Humbang Hasundutan mandiri dan sejahtera.
“Setiap SKPD (satuan kerja perangkat daerah) kita harapkan terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Dan yang terpenting lagi, saya bangga atas peningkatan pendapatan perkapita masyarakat Humbahas.
Contohnya di bidang pertanian, peningkatan perekonomian dari sektor ini sangat bagus. Jadi, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program kerja Pemkab Humbahas selama ini, hingga kita mampu meraih prestasi ini,” pungkasnya. (hsl/osi)

0 komentar:

Posting Komentar