Kamis, 23 Mei 2013

APEC ingin Sumut jadi laboratorium UKM

MEDAN - Negara-negara yang tergabung dalam APEC (Asia Pacific Economic Coorporation), antara lain Jepang, Cina, dan Korea Selatan, berkeinginan menjadikan Provinsi Sumatera Utara sebagai laboratorium pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan Asia Pasifik.

Hal itu diungkapkan DR Yoong Yuan Kim, perwakilan Pemerintah Korea Selatan dalam rapat persiapan The 35th APEC HRDWG (Human Resources Development Working Group) Meeting yang di gelar di Lantai VIII Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro No.30 Medan, kemarin.

Rapat yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setdaprovsu  Sabrina MSi mewakili Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho itu, turut hadir sejumlah perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI, dan Yoong Yuan Kim yang mewakili Pemerintah Korea Selatan, serta sejumlah instansi terkait di Pemprov Sumut.

Menurut Yoong, Sumut memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang besar untuk bisa dikembangkan dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah. “Karena potensi itu, Pemerintah Korea Selatan sangat berharap sumbangan dana negaranya di Bank Pembangunan Asia (ADB/Asia Developmen Bank) bisa secara maksimal dimanfaatkan Provinsi Sumut dalam pengembangan sektor usaha kecil dan menengah,” jelas DR Yoong.

Sementara perwakilan dari Kemendikbud maupun dari Kemenakertrans mengutarakan, North Sumatera Initiation (Inisiasi Sumatera Utara) yang implementasinya berupa menjadikan Sumut sebagai laboratorium pengembangan UKM di kawasan Asia Pasifik, akan dibahas secara terpadu dalam rapat yang digelar di Kota Medan dari 22 Juni sampai 6 Juli.

Nantinya, rapat (senior official meeting/SOM) yang diikuti 21 negara peserta APEC diharapkan bisa mewujudkan embrio kerjasama antara Pemprov Sumut dengan Korea Selatan dalam hal North Sumatera Initiation paling lambat September 2013. Untuk itu, Pemprov Sumut diharapkan bisa merangkul sejumlah perguruan tinggi di daerahnya guna merealisasikan Initiation North Sumatera tersebut.

Mendengar pemaparan perwakilan Kemendikbud dan Kemenakertrans RI ini, Sabrina yang mewakili Gubsu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ditunjuknya Kota Medan sebagai penyelenggara The 35th APEC HRDWG Meeting.

Terkait harahapan agar Pemprov Sumut bisa merangkul kerjasama sejumlah perguruan tinggi untuk menambah pembobotan Sumut sebagai Laboratorium Pengembangan UKM, Sabrina atas nama Pemprov Sumut berjanji akan bekerja maksimal untuk hal tersebut.

“Kami (Pemprov Sumut) sangat antusias untuk merwujudkan harahapan negara-negara peserta APEC ini. Dan untuk itu, kami berharap dalam diskusi-diskusi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan dilakukan nantinya, bisa menghasilkan konsensus bersama,” jelasnya.

Sumber : www.waspada.co.id

Editor : Sastroy Bangun

0 komentar:

Posting Komentar