Rabu, 05 Juni 2013

Objek Wisata Baktiraja Layak Dikembangkan

HUMBAHAS - Objek wisata Baktiraja yang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas sangat layak untuk dikembangkan. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, objek wisata Baktiraja juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).
Demikian diungkapkan salah seorang warga Baktiraja, Tarida Lumbangaol, Selasa (4/6). Tarida mengatakan Baktiraja merupakan tempat yang bersejarah. Alam di sana sejuk dan memiliki pemandangan yang indah.
Dari Bukit Baktiraja, bisa memandang keindahan alam hingga ke Danau Toba.
Selain itu, sambung Tarida, Baktiraja memiliki tiga air terjun. Yakni air terjun Janji, air terjun Sipultak Hoda dan air terjun Aek Sipangolu. Masih di komplek Baktiraja, juga ditemukan tempat sakral.
“Tempat sakral itu ada situs istana Sisingamangaraja XII, Tombak Sulu-sulu dan masih banyak yang memiliki nilai sejarah,” paparnya.
Menurutnya, ketika pemerintah memberikan sentuhan serta perhatian terhadap objek wisata Baktiraja bisa menghasilkan PAD. Di mana saat ini masyarakat sangat suka dengan berwisata.
“Apalagi kalau objek wisata ini bisa dipublikasikan sampai ke mancanegara, mungkin akan menjadi sasaran wisatawan mancanegara,” katanya.
“Masyarakat di desa ini berharap pemerintah mengalokasikan anggaran untuk mengembangkan objek wisata ini. Masyarakat sangat wellcome,” tukasnya.
Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Humbahas Nelson Lumbantoruan mengakui bahwa objek wisata Baktiraja menyimpan cerita sejarah.
erdasarkan sejarah adat marga Toga Simamora dan Toga Sihombing pertama sekali tinggal di Desa Tipang.
Cerita sejarah, Tipang dulunya bernama Siamak Pandan Nauli dan merupakan nama putri Siraja Lontung, kemudian nama itu saat ini menjadi Tipang “Secara ringkas tipang menjadi bonapasogit Toga Simamora dan Toga Sihombing,” ujar Nelson.
“Pemkab Humbahas telah merencanakan objek wisata Baktiraja akan dikembangkan. Memang objek wisata itu punya banyak potensi,” lanjutnya. (juan/osi)

0 komentar:

Posting Komentar