Jumat, 07 Juni 2013

Desa Siunongunong Julu, diunjuk sebagai desa mewakili Kabupaten Humbahas

HUMBAHAS – Berdasarkan surat Bupati Humbahas nomor 4114/513/BPMD/IV?2013 tertanggal 8 April, Desa Siunongunong Julu, diunjuk sebagai desa mewakili Kabupaten Humbahas untuk dinilai tim penilaian desa/kelurahan se-Sumatera Utara.
Tim penilai desa/kelurahan Sumut, Kamis (6/6), telah mengunjungi Siunongunong Julu untuk dinilai.
Kunjungan tim penilaian Sumut disambut Ketua Tim Penggerak PKK Humbahas Ny Maddin Sihombing boru Napitupulu, Sekda Humbahas Saul Situmorang dan Camat Baktiraha Arwan Silaban.
Jafar Situmorang mewakili tim penilai mengatakan, Desa Siunongunong Julu merupakan yang ditetapkan Bupati Humbahas sebagai desa terbaik dan diwakilkan untuk berkompetisi di tingkat Sumut. Berdasarkan hal tersebut, tim pinilai meninjau langsung ke lokasi.
Menurutnya, kunjungannya saat ini merupakan kedelapan desa terbaik kabupaten. “Tim belum dapat menentukan terbaiknya, sebab masih banyak desa yang belum kita lihat secara faktual dalam pemenuhan poin-poin penilaian,” ujar Jafar.
Dia melanjutkan, desa yang mendapat peringkat terbaik Sumut akan mendapat bantuan secara langsung dari provinsi untuk pemberdayaan desa tersebut.
Kepala Desa Siunongunong Julu Rosmilu Purba mengatakan, sinergitas kinerja aparatur desa yang diangkat melalui musyawarah masyarakat desa dan lembaga perangkat desa serta bekerja maksimal adalah tugas pokok yang harus dijalankan.
Kemudian, terlaksananya alokasi perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) desa, sehingga pembangunan desa berjalan baik dalam setiap komponen desa seperti administrasi desa, infrastruktur, pertanian, pendidikan, kesehatan, PKK dan karang taruna.
“Pemenuhan hal tersebut menjadi penilaian, sehingga desa ini mendapat penghargaan sebagai desa terbaik di Kabupaten Humbahas,” katanya. (juan/osi)

0 komentar:

Posting Komentar